Serentak, Hari Ini Tujuh Daerah di Jabar Laksanakan Vaksinasi Tahap I

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. | freepik.com

BERITARADIOEWANGGA.COM - Sebanyak tujuh daerah di Jawa Barat (jabar) akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama. Ketujuh daerah tersebut yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur jabar ridwan kamil mengatakan, pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. Adapun vaksinasi akan dilaksanakan serentak pukul 09.00 WIB pada Kamis 14 Januari 2021.

Lanjutnya, pada pelaksanaannya Emil mengingatkan agar menerapkan petunjuk teknis yang telah ditentukan. Sehingga vaksinasi di jabar bisa berjalan dengan baik dan juga lancar. 

"Jabar harus menjadi daerah yang tersukses (melakukan vaksinasi), harus menjadi yang terbaik. Provinsi siap bantu kalau daerah butuh tenaga, (bantuan) teknis, dan lain-lain," ujarnya dilansir dari laman humas.jabarprov.go.id, Rabu 13 Januari 2021.

"Pastikan proses pengangkutan vaksin sesuai prosedur, terutama suhu di 2-8 derajat Celcius. Jangan sampai disuntikkan tapi tidak beri efektivitas. Kepala daerah dan sekda juga minimal cerewet sampaikan pesan, vaksin itu aman (dengan izin darurat) dari BPOM dan sudah ada fatwa halal dari MUI," tambah Emil. 

Emil menyebutkan Jabar mendapat alokasi 97.080 dosis vaksin Sinovac dari total 1,2 juta dosis yang disiapkan pemerintah pusat di Tahap I Termin I Januari 2021. Rinciannya, Kota Bandung mendapat 25.000 vial, Kota Bekasi 14.060 vial, Kota Bogor 9.160 vial, Kota Depok 11.140 vial, Kota Cimahi 3.880 vial, Kabupaten Bandung Barat 3.960 vial, dan Kabupaten Bandung 7.560 vial. Sebanyak 22.320 vial sisanya disimpan di gudang provinsi. 

Sesuai arahan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, selain target sasaran utama yakni SDM Kesehatan di Fasyankes, vaksin perdana juga diberikan kepada 10 pejabat publik esensial. 

Dari lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan menjadi orang pertama yang divaksin, disusul Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri dan sejumlah tokoh agama dan masyarakat, termasuk Herru Joko dari Viking Persib Club, pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 09.00 WIB di RSHS Bandung. 

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network